Sabtu, 18 Februari 2012

PENGERTIAN AGAMA.

Mengenai asal-usul istilah agama ,setidaknya ada 3 teori yang menjelasnya ,yaitu;

teori pertama , mengetakan bahwa agama berasal dari bahasa sansekerta ,yaitu a(tidak) dan  gama(kacau) .agama artinya tidak kacau .Diartikan demikian karena agama mengatur kehidupan umat manusia dan menetapkan hukum-hukum yang ditaati dalam kehidupan mereka .Karena itu agama dapat mengantarkan manusia pada ketentraman dalam kehidupan serta terlepas dari kekacauan dan petaka.

teori kedua , berasal dari bahasa sansekerta ,dari kata gama mendapat awalan a dan akhiran a ,sehingga menjadi agama . Kata itu kadang-kadang mendapat awalan i ,sehingga menjadi igama dan terkadang mendapat awalan u ,menjadi ugama. kata gam , pengertian dasarnya sama dengan pengertian go dalam bahasa inggris atau ga-gaam dalam bahasa belanda yang artinya pergi .Setelah mendapat awalan dan akhiran a ,pengertiannya berarti jalan. Agama diartikan jalan, karena karena ia merupakan jalan yang di tempuh umat manusia untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat .Selain merupakan pedoman hidup dan tata cara kehidupan manusia.

teori ketiga ,muncul dari bahasa pesantren , kata agama berasal dari bahasa arap yaitu aqama di ambil dari aqama al-din yang artinya melaksanakan dan menunaikan ajaran agama. Kata ini akrab dengan lisan umat islam ,searti dengan aqama al-sholat yang artinya mengerjakan dan menunaikan shalat .Karena kebiasaan orang-orang Arab mambaca huruf qa dengan g terutama orang -orang yang berasal dari Arabia selatan sekitar yaman dan Hadramaut yang ikut andil dalam penyebaran agama islam di Indonesia ,maka kata aqoma di baca dan di ucapkan dengan agama .

Tidak ada komentar: